Isu Strategis Pembangunan Kesehatan

Pembangunan Kesehatan menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 Tentang Sistem perencanaan Pembangunan Nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, supaya terwujud derajat kesehatan warga masyarakat yang setinggi-tingginya. Kementrian Kesehatan mengangkat 6 Isu strategis pembangunan kesehatan, antara lain :

  1. Peningkatan akses pelayanan kesehatan dan gizi yang berkualitas bagi ibu dan anak pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.
  2. Peningkatan pengendalian penyakit menular dan tidak menular serta penyehatan lingkungan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.
  3. Peningkatan profesionalisme dan pendayagunaan tenaga kesehatan yang merata pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.
  4. Peningkatan jaminan pembiayaan kesehatan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.
  5. Peningkatan ketersediaan , pemerataan, keterjangkauan, jaminan keamanan, khasiat/manfaat dan mutu obat, alat kesehatan, dan makanan, serta daya saing produk dalam negeri, dan
  6. Peningkatan Akses Pelayanan KB  Berkualitas yang Merata pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Sebagai Calon Sarjana Terapan khususnya dibidang Kesehatan gigi, upaya yang dapat dilakukan untuk mendukung pembangunan kesehatan ialah melakukan upaya-upaya peningkatan kesehatan dibidang kesehatan gigi. Seperti yang sudah tertulis dalam Permenkes No 20 Tahun 2016 pasal 13 upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi yaitu melakukan promosi kesehatan gigi dan mulut kepada individu,keluarga kelompok dan masyarakat; pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut, guru serta dokter kecil; pembuatan dan penggunaan media / alat peraga untuk edukasi kesehatan gigi dan mulut; dan konseling kegiatan preventif dan promotif kesehatan gigi dan mulut.

 

Daftar Pustaka :

Permenkes No 20 tahun 2016

Undang-Undang No 25 tahun 2014

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Pages